Tips Mencuci Pakaian Dalam

Pakaian dalam, pakaian yang berada di dalam sebelum memakai pakaian utama. Diantaranya celana dalam, bra (penutup payudara), hingga stoking, merupakan barang-barang yang bersentuhan langsung dengan organ-organ intim. Oleh karena itu, penting untuk dijaga kebersihannya dengan mencuci secara tepat agar terhindar dari segala kotoran yang menempel.

Bagaimana ya cara yang tepat untuk mencuci pakaian dalam ini? , simak beberapa tips mencuci pakaian dalam yang tepat di bawah ini!

1. Sebaiknya pakaian dalam tidak dicuci dengan menggunakan mesin cuci

Mesin cuci memang sangat memudahkan pekerjaan Anda. Namun mesin cuci hanya akan membuat pakaian dalam Anda rusak.

Selain itu, mencuci sendiri menggunakan tangan akan lebih bersih, karena tidak tercampur deng
an kotoran yang berasal dari pakaian lain yang bersamaan dicuci dalam satu mesin cuci.

 2. Mencuci dengan air dingin dan sabun yang lembut lebih baik

Agar pakaian dalam Anda tetap terjaga kualitasnya, sebaiknya cucilah pakaian dalam tersebut dengan cara merendamnya dalam air dingin yang telah diberi campuran sabun berfomula lembut. Selain menggunakan sabun berfomula lembut, Anda juga dapat mencuci pakaian dalam dengan menggunakan campuran sampo bayi. Jangan sekali-sekali menggunakan campuran deterjen atau pemutih, apalagi sabun dengan formula yang terlalu keras karena hal ini dapat beresiko merusak kualitas bahan pakaian dalam Anda.

3. Segera cuci pakaian dalam setelah selesai menggunakannya dan jangan ditumpuk atau direndam dengan pakaian lain

Menumpuk atau merendam pakaian dalam bersama dengan pakaian lain akan membuat pakaian dalam Anda menjadi sarang pertumbuhan jamur dan juga bakteri. Maka dari itu sebaiknya segera cuci pakaian dalam Anda setelah digunakan ya.

4.  Jangan mengucek dan memeras Bra ketika mencucinya

Bra memiliki bentuk khusus yang membuatnya harus diperlakukan lebih spesial ketimbang beberapa jenis pakaian dalam lainnya. Sehingga untuk mencucinya, Anda bisa merendamnya dalam air dingin yang telah dicampur sampo bayi atau sabun berfomulasi lembut, kemudian  tekan-tekan lalu peras perlahan mengikuti bentuk cup-nya. Namun jangan sekali-sekali Anda mengucek bra ya.

5. Keringkan di bawah sinar matahari yang teduh atau cukup diangin-anginkan saja

Mengeringkan pakaian dalam menggunakan alat pengering mesin cuci memang sangat cepat dan juga praktis. Namun resikonya, pakaian dalam lama-kelamaan akan kehilangan elastisitasnya. Celana dalam akan mudah rusak dan molor, bentuk cup bra juga akan menyusut atau bahkan tali bra akan menjadi tertarik-tarik. Nah untuk menghindari hal-hal tersebut, Anda bisa mengeringkan pakaian dalam dengan cara menjemurnya langsung di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

6. Pakaian dalam Tidak perlu disetrika

Menyetrika pakaian dalam hanya akan membuat teksturnya menjadi rusak. Maka sebaiknya hindari untuk menyetrika pakaian dalam. Kalaupun cuaca tidak mendukung dan pakaian dalam masih terasa lembab, Anda dapat menyetrikanya namun tetap dengan suhu yang rendah.

sumber : guesehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar